Serba-serbi KKN 2018

Kuliah Kerja Nyata adalah suatu program dimana mahasiswa terjun langsung ke masyarakat dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di perkuliahan. Kegiatan tersebut merupakan ajang dimana para mahasiswa berbaur di masyarakat di wilayah Kabupaten Purworejo dan Kebumen. Selain itu, kegiatan tersebut juga menguji dan melatih mahasiswa untuk bisa saling bertoleransi, menyatukan pikiran, tenaga, dan saling melengkapi satu sama lain.

Berbagai kejadian selama KKN akan menjadi kenangan baik kenangan bersama kelompok KKN maupun kenangan bersama warga masyarakat desa tempat dimana KKN diselenggarakan. Akan tetapi, semua itu adalah proses pendewasaan diri guna menuju kehidupan bermasyarakat. Tidak jarang juga mahasiswa mendapat desa dimana tidak ada sinyal telepon untuk sekedar bertelepon ataupun bersosial media.

Untuk tahun 2018, Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan kegiatan KKN bekerjasama dengan Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Kebumen. Para mahasiswa terbagi menjadi 54 kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari kurang lebih 21 mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi di UMPurworejo. Serangkaian kegiatan untuk membekali mahasiswa dalam melaksanakan KKN telah dilakukan dengan tujuan bahwa mahasiswa telah siap untuk terjun bermasyarakat di desa yang belum pernah dikunjunginya bahkan di desa yang namanya saja asing di telinga.

Berbagai kegiatan mahasiswa sebagai program kerja dilakukan berkoordinasi dengan pihak desa, karang taruna, lembaga pendidikan, PKK, dan lain sebagainya. Salah satu program kerja kelompok KKN di Desa Karangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo adalah jambanisasi. Program ini muncul melihat fenomana dimana masyarakat belum banyak yang mempunyai jamban sehat. Berbekal pengalaman dan dukungan dari Kepala Desa Karangsari serta warga masyarakat disana, maka program tersebut dapat terealisasi.

Selain itu, program kerja lain yaitu mengajar di TPQ, membantu mengajar di SD dan MI, serta mengadakan lomba-lomba. Profil mengenai kelompok KKN di desa Karangsari dapat dilihat DISINI

Pembelajaran Listening Berbasis Video Online

Sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kapastitas pembelajaran berorientasi HOTS (Higher Order Thinking Skills), pada mata kuliah Communication Listening mahasiswa dilatih untuk mempratikkan apa yang telah dipelajari dan didengar dari perkuliahan. Listening skill sendiri tidak terlepas dari speaking skill dimana antara listening dan speaking merupakan satu kesatuan dan dalam pembelajaran bahasa dua keterampilan dasar tersebut saling berkorelasi satu sama lain.

Dalam salah satu tugas yang diberikan, mahasiswa diwajibkan untuk membuat video untuk bertelepon dimana mereka akan membuat percakapan (conversation) dan terdapat tiga peran didalamnya yaitu sebagai penelepon (caller), yang ditelpon (receiver), dan sekretaris. Tujuan dari penugasan tersebut adalah untuk melatih mahasiswa menggunakan ungkapan-ungkapan (expressions) yang biasa digunakan dalam Business English khususnya ketika bertelepon. Hasilnya adalah mahasiswa menjadi lebih paham mengenai etika dan tata cara dalam betelepon khususnya telepon resmi.

Salah satu hasil karya mahasiswa Prodi PBI semester II dalam bertelepon dapat dilihat DISINI

UFO Mbah UTI Prodi PBI Lolos PKM

UFO MBAH UTI (Ukir Foto Limbah Kayu Jati) merupakan judul PKM-K yang diusung oleh mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Adalah Nisa Fitrianarni seorang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan tahun 2015 yang menemukan potensi dari limbah kayu jati ini. Berawal dari melihat banyaknya limbah kayu jati hasil dari olahan kayu log, maka Mbak Nisa (sapaan akrabnya) berinisiatif untuk memanfaatkan limbah tersebut menjadi olahan bernilai jual juga bernilai seni.

Mbak Nisa bersama dengan anggota kelompoknya yaitu Sri Haryanti, Ahdzika Nur Hidayah, Muchamad Rosid, dan Enjang Gelis Diah Azizah kemudian membuat proposal PKM-K yang diajukan untuk mendapatkan pendanaan dari DIKTI. Bersaing dengan sejumlah universitas dari seluruh Indonesia, proposal PKM-K UFO MBAH UTI akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan kewirausahaan. Bersama dengan 10 proposal lain yang lolos pendanaan dari DIKTI, UFO MBAH UTI telah membawa nama baik Universitas Muhammadiyah Purworejo pada umumnya dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris pada khususnya.

Selain PKM-K, Prodi PBI juga telah meloloskan proposal PHBD tahap 1 yaitu untuk UKM English Study Center dengan judulnya Pemberdayaan Masyarakat Desa Sokoharjo dalam Upaya Pengembangan Desa Wisata melalui Taman Eduwisata Deko Cenunggel serta HIMA-PBI dengan judulnya Mengoptimalkan Sumber Daya Manusia Melalui “Dewi Srikandi Glagah” (Desa Wisata Seni Industri dan Edukasi di Glagah) Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo berlokasi di Desa Glagah Kecamatan Temon.

Semoga apa yang menjadi raihan dari Mbak Nisa serta UKM ESC dan HIMA-PBI bisa menginspirasi rekan-rekan mahasiswa lain untuk bisa berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Dosbing Skripsi Genap 2017/2018

Assalamu’alaikum Wr Wb

Diberitahukan kepada mahasiwa yang pengajuan judul skripsinya telah diterima bahwa dosen pembimbing skripsi bisa diunduh di akhir laman ini.

Segera buat proposal dan konsultasikan kepada dosen pembimbing skripsi Anda. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr wb

Data Dosbing Skripsi Genap 2017/2018 dapat diunduh DISINI

Ujian Skripsi Periode Genap 2017/2018

Assalamu’alaikum Wr Wb

Diberitahukan kepada mahasiswa yang sedang menempuh skripsi bahwa Prodi PBI akan melaksanakan Ujian Skripsi dengan ketentuan sebagai berikut:

1.  Mematuhi dan mengikuti alur skripsi yang telah dibuat Prodi PBI

2.  Telah selesai membuat tugas akhir berupa skripsi

3.  Telah selesai melaksanakan bimbingan skripsi

4.  Telah selesai menempuh semua mata kuliah yang dipersyaratkan

5.  Telah menyelesaikan administrasi keuangan ke UMP

6.  Telah siap dan tidak protes dengan keputusan dosen penguji skripsi

7.  Tidak melakukan upaya-upaya perbaikan nilai mata kuliah setelah ujian skripsi selesai

8.  Siap untuk dibatalkan bila terdapat nilai mata kuliah yang bermasalah.

Untuk prosedur pendaftaran ujian skripsi silahkan klik DISINI

Demikian pengumuman ini dibuat dan mohon agar diperhatikan dan dilaksanakan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Aplikasi pbiconnect ver 2.0

Sebagai salah satu upaya pengembangan dan kemudahan akses website, Prodi PBI telah meluncurkan aplikasi berbasis android yang diberi nama pbiconnect. Keunggulan dari aplikasi ini adalah sudah kompatible di OS Android Ice Cream Sandwich (ICS) ke atas. Untuk saat ini belum kami unggah ke Google Play Store karena terkendala pendanaan. Saat ini sudah tersedia pbiconnect ver. 2.0 yang merupakan update dari versi sebelumnya yang bisa diunduh pada link di bawah ini.

UNDUH pbiconnect 2.0

Catatan: Sebelum menginstal agar mencentang opsi Unknown Sources/Sumber tidak diketahui untuk memungkinkan perangkat Android Anda menginstal file APK yang ditemukan dan diperoleh di luar Google Play.

Laporan pemahaman VMTS Prodi PBI

Setiap lembaga pendidikan mempunyai visi yang akan dicapai dimana visi tersebut kemudian dijabarkan ke dalam misi dan tujuan serta sasaran. Adanya perubahan visi misi tujuan dan sasaran pada lembaga pendidikan mengindikasikan bahwa lembaga tersebut telah mempunyai mimpi yang akan dicapai pada jenjang waktu tertentu. Berkenaan dengan visi pada tingkat program studi, visi misi tujuan dan sasaran haruslah sejalan dan mendukung visi yang akan diraih oleh universitas dan fakulta.

Adanya perubahan visi pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo telah disosialisasikan kepada segenap civitas akademika Prodi PBI serta tenaga kependidikan juga telah disosialisasikan kepada pemangku kepentingan yaitu pengguna alumni dan alumni itu sendiri. Setelah beberapa waktu, maka Prodi PBI UMPurworejo perlu mengadakan survey untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman sivitas akademika Prodi PBI dan tenaga kependidikan dalam memahami visi misi tujuan dan sasaran Prodi PBI.

Dengan menggunakan alat ukur berupa angket yang terdiri dari 12 pernyataan, maka Prodi PBI telah menyelesaikan survey pemahaman VMTS Prodi PBI dan hasilnya adalah sebagai berikut:

A. Identitas Responden

Total responden yang mengisi angket adalah sebanyak 122 responden terdiri dari 100 orang perempuan dan 22 orang laki-laki serta responden tersebut berasal dari mahasiswa, dosen, dan pegawai yang ditampilkan sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

B. Hasil Survey

Dari survey yang dilakukan, maka didapat hasil bahwa secara umum, pemahaman sivitas akademika dan tenaga kependidikan tentang Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Prodi PBI UMPurworejo sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil analisis kuesioner yang menyatakan bahwa rata-rata pemahaman Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran pada mahasiswa sejumlah 28.42, pada Dosen 28.88, dan Tenaga Kependidikan 27; ketiga jenis responden tersebut memiliki rata-rata total tingkat pemahaman 28.1 yang berada pada skala nilai 26-30 (Kriteria Sangat Baik).

Secara persentase, maka yang termasuk dalam kategori Tingkat Pemahaman Sangat baik pada mahasiswa sejumlah 83%, dosen 87.5%, dan Tenaga Kependidikan 87.5%.

Demikian laporan pemahaman visi misi tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo yang dilakukan pada tahun 2017. Laporan survey ini telah diperiksa oleh Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dan disahkan oleh Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Pindah Ruang Kuliah

Assalamu’alaikum wr wb

Disampaikan kepada seluruh civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo bahwa berdasarkan Surat Rektor No. 246/KEP/II.3.AU/A/2017 Tertanggal 21 Agustus 2017, maka seluruh kegiatan perkuliahan Prodi PBI pindah ke Gedung C lantai 3 ruang C.2.3.1., C.2.3.2., C.2.3.3., C.2.3.4., C.2.3.5., C.2.3.6., C.2.3.7., C.2.3.8.

Demikian pengumuman ini agar diperhatikan dan dilaksanakan oleh segenap civitas akademika Prodi PBI.

Wassalamu’alaikum wr wb

Laporan IKM TA 2016/2017

Kepuasan adalah  hasil  evaluasi  antara harapan (perception) terhadap kualitas layanan  dengan kinerja kualitas layanan yang dirasakan (perceived) oleh penggunan layanan (konsumen/pelanggan). Kepuasan bersifat individual karena  setiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan harapannya. Mahasiswa adalah pengguna layanan, baik layanan akademik maupun non akademik.

Berkenaan dengan layanan akademik, Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo mengadakan survey Indeks Kepuasan Mahasiswa yang mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di Prodi PBI UMPurworejo. Survey dilakukan secara online dengan mengambil 5 (lima) aspek yaitu tangible (Sarana Prasarana), Reliability (kehandalan dosen dan tendik), Empathy (pemahaman kepentingan mahasiswa), Responsiveness (sikap tanggap), serta Assurance (perlakuan terhadap mahasiswa).

Survey dilakukan pada semester genap TA 2016/2017 yaitu pada bulan Juli 2017 selama kurun waktu 1 (satu) bulan. Dengan menggunakan alat ukur berupa angket (lihat DISINI) dimana pada masing-masing aspek memiliki 10 (sepuluh) pernyataan, maka GKMPS PBI dapat mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di Prodi PBI. Total responden yang mengisi angket adalah 172 mahasiswa atau 33.8% dari total mahasiswa aktif sebanyak 509 mahasiswa. Hasil survey adalah sebagai berikut:

A. Responden

Responden mahasiswa berasal dari tingkatan semester yang berbeda yaitu semester II, IV, VI, dan VII dengan total responden yaitu 172 mahasiswa. Sebaran responden tiap semester dapat dilihat pada grafik berikut

Kemudian, dilihat dari jenis kelamin responden maka terdapat 31 mahasiswa (18%) berjenis kelamin laki-laki dan sebanyak 141 mahasiswa (82%) berjenis kelamin perempuan.

B. Hasil Survey

1. Aspek Tangible

Secara umum mahasiswa puas dengan aspek ini hanya saja masih terdapat beberapa kekurangan seperti fasilitas hotspot dan bangku transit perkuliahan.

2. Aspek Reliability

Mahasiswa merasa puas dengan aspek ini mulai dari kejelasan materi hingga pelayanan tenaga kependidikan.

3. Aspek Empathy

Mahasiswa Prodi PBI telah merasa puas dengan kehandalan pendidik dan tenaga kependidikan.

4. Aspek responsiveness

Mahasiswa merasa puas dengan sikap tanggap yang diberikan oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan mulai dari penangangan masalah hingga tanggapan terhadap keluhan.

5. Aspek assurance

Mahasiswa merasa puas dengan aspek assurance mulai dari sikap terbuka dosen dan kooperatif yang diberikan oleh dosen berkaitan dengan bantuan akademik yang diberikan, dukungan menciptakan suasana akademik yang kondusif serta dalam pengajaran seperti kesesuaian pengajaran dengan RPS yang telah dibuat oleh dosen sampai dengan dukungan dari Prodi PBI terkait dengan informasi dan dukungan prodi terhadap kegiatan akademik.

Dari hasil survey tersebut dapat diketahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Purworejo pada tahun akademik 2016/2017. Survey tersebut kemudian juga menghasilkan rekomendasi sebagai masukan bagi Prodi PBI untuk perbaikan layanan akademik terhadap mahasiswa.

Laporan ini dibuat oleh Gugus Kendali Mutu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dengan diketahui oleh Ketua Prodi PBI dan telah disahkan oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Non secular Soul Main Bettering—Base Maintenance and Establishing—Structural Reinforcement toward Climate Critical Storms

Non secular Soul Main Bettering—Base Maintenance and Establishing—Structural Reinforcement toward Climate Critical Storms

Within spring, we typically check out extremely powerful storms. Countless days, the wind blows hence demanding that trees topple higher than. This is specially genuine if the tree is by now aged, inadequate or consists of no basis of business roots.
I comprise a eye-catching tree inside the heart of my backyard garden. Very last calendar year, whilst consuming an yearly tree trimming, the services knowledgeable me of a deep break inside of the centre of the tree. The tree assistance too instructed me there was no path toward preserve the tree. Thus, they advised I slash the large tree down. Nonetheless, my instincts advised me in a different way. In its place of doing away with the tree, I referred to as an additional support and requested their viewpoint. They mentioned that even while the tree was broken as a result of the break, it may be bolstered by way of cabling the trunk with each other. Nevertheless, they much too warned that there was no ensure that a Really potent wind would not crack the tree within 2 in spite of any cabling. Inside of the finish, I opted towards have faith in my instinct and cable the tree.
Through the calendar year, even with my intestine telling me that anything at all would be Okay, any time a highly effective wind arrived up, I would keep an eye on anxiously in the direction of check out if the tree may stand up to the worry. As just about every storm arrived and went, my attractive tree preserved toward reside upright, and ongoing in the direction of increase.
Lots of weeks back, it was season all over again toward slender my tree. At the time the tree provider came, I inquired around the exercise of my tree. They confirmed me the break inside the tree. In the direction of my amazement, the tree experienced started out towards get rid of by itself. The cable not simply bolstered the electrical power of the tree, nonetheless way too permitted it toward treatment. With this experience, the company felt the tree experienced an superior possibility of residing for numerous decades.
Quite a few moments, we are which includes my tree—bad within our basis. For this reason, we could experience as if we do not incorporate the vitality toward temperature the storms of daily life. Having said that, on your own may well not comprehend it, still yourself incorporate further more energy than oneself realize. It is the spirit of God in by yourself. The spirit is the cable that can assistance your self endure any storm. In addition, that cable can renew and get rid of your self. There is no make certain that on your own nevertheless will not topple around considering the fact that every single of us consists of alternative. Possibly we can opt for toward permit the spirit towards overcome us or, conversely, we can fail to remember it. Why not fully grasp the attractive spirit that is portion of by yourself, aiding by yourself expand large and high, fortifying oneself versus any gust of wind?
Copyright Assertion
This write-up was prepared through Cindy L. Herb and may well be reproduced upon any very similar world wide web delivered the words and phrases is not transformed inside any kind and this copyright assertion is shown unedited within just its entirety at the foot of the short article and by yourself hire the identical similar HTML code in direction of make sure a clickable url again in direction of the creator’s internet site. Excess article content are far too readily available. Get hold of share this website the writer for further more content material. Copyright 2010 Cindy L. Herb, . All Legal rights Reserved Throughout the world.